Minggu, 05 November 2017

(Misinformasi) GEMPAR! GARA-GARA FOTO TERBARU NASA INI, INDONESIA JADI INCARAN AS, CHINA DAN RUSIA

Comments 0 Viewers
(Misinformasi) GEMPAR! GARA-GARA FOTO TERBARU NASA INI, INDONESIA JADI INCARAN AS, CHINA DAN RUSIA ~ Beredar berita dari radarpribumi.com dgn narasi
GEMPAR! GARA-GARA FOTO TERBARU NASA INI, INDONESIA JADI INCARAN AS, CHINA DAN RUSIA

Pada 1 Oktober lalu, salah satu satelit punya nasa yaitu Aqua Sattelite, melintas diatas perairan Indonesia. Dengan tehnologi canggih bernama Moderate Resolution Imaging Spectroradiometer, satelit ini sukses mengabadikan gambar asli dari perairan Indonesia dengan tone warna yang presisi.

Ditulis dari website resmi NASA, gambar tersebut memperlihatkan Jawa Timur ditutupi oleh awan tebal, dengan bayangan cahaya matahari di semua permukaan laut. Tetapi yang unik dari permukaan laut yang tidak tertutup awan yaitu warna lautnya yang perak.

Sebelumnya, para ahli menganggap hal tersebut hanya fenomena biasa bernama ‘sunglint’, yaitu dampak optik yang dikarenakan oleh pantulan seperti cermin dari cahaya matahari dari permukaan air yang di tangkap secara langsung oleh sensor satelit.

Tapi setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, warna perak adalah pantulan dari jutaan barrel minyak dengan kualitas terbaik yang siap ditambang.

Hal ini tentu saja membuat mata dunia tertuju kepada Indonesia. Apakah bangsa Indonesia mampu mengolah sendiri kekayaan alamnya yang luar biasa, atau dijual ke asing?"


  • Sumber: http://www.radarpribumi.com/2017/10/gempar-gara-gara-foto-terbaru-nasa-ini.html

Berita ini juga disebarkan di facebook oleh banyak akun, dengan tambahan narasi berbeda.
Sekitar 49 akun telah membuat postingan berdasarkan berita diatas, baik di grup facebook atau akun pribadi mereka.

Postingan grup yg telah dishare cukup banyak yaitu
https://goo.gl/ca9o5e
(127 kali share)

Sedang postingan pribadi yg paling banyak dishare yaitu:
https://goo.gl/BwtJU9
(64 kali share)

Analisa

Pertama
Dari gambar yg dijadikan sumber berita oleh radarpribumi.com, memang benar bahwa gambar tsb dipublikasikan oleh NASA pada tanggal 1 November 2016 dan bukan 1 oktober 2017 spt yg diutarakan dalam isi berita radarpribumi.com.

Kedua
Ditulis dari website resmi NASA, gambar tersebut memperlihatkan Tepi awan menutupi Jawa Timur di sepanjang sisi barat gambar itu, dengan sinar matahari yang cerah di atas bayangan dari awan di sepanjang permukaan laut. Jauh dari awan, permukaan laut tampak berwarna perak cerah karena "sunglint", efek optik yang disebabkan oleh pantulan sinar cermin mirip cermin dari permukaan air langsung kembali pada sensor satelit. Meskipun sunglint mencuci banyak fitur, namun juga mengungkapkan rincian tentang permukaan air yang biasanya tersembunyi dari pandangan. Dalam hal ini, sunglint memperlihatkan gelombang yang diciptakan oleh pergerakan arus di perairan laut.

Dan oleh radarpribumi.com ditambah dgn narasi
"Sebelumnya, para ahli menganggap hal tersebut hanya fenomena biasa bernama ‘sunglint’, yaitu dampak optik yang dikarenakan oleh pantulan seperti cermin dari cahaya matahari dari permukaan air yang di tangkap secara langsung oleh sensor satelit.

Tapi setelah dilakukan penelitian lebih lanjut, warna perak adalah pantulan dari jutaan barrel minyak dengan kualitas terbaik yang siap ditambang."
Padahal dalam website resmi NASA tidak disebutkan tentang klaim "jutaan barrel minyak dengan kualitas terbaik yang siap ditambang"

Sumber klarifikasi:


KESIMPULAN

MISINFORMASI

Jadilah Pengguna Internet Yang Cerdas, Tidak Mudah Langsung Percaya Sama Berita Yang Ada Di Sosmed...